About Me

header ads

Tekanan Zat Cair (Tekanan Hidrostatis)


Tekanan Zat Cair

Sahabat belajar pernahkah merasakan bagaimana kondisi telinga ketika sedang menyelam? apakah telinga kalian merasakan adanya tekanan? atau pernahkah kita merasakan semakin dalam kita menyelam semakin susah untuk bergerak ke bawah? semakin dalam menyelam semakin besar tekanan yang kita rasakan?
Untuk mengetahui fenomena tersebut coba kita lakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu berikut!


untuk mempelajari langkah kegiatan praktek silahkan menyimak tayangan video simulasi berikut!



Dari kegiatan penyelidikan aktivitas di atas dapat diketahui bahwa kedalaman zat cair dan massa jenis zat cair mempengaruhi tekanan hidrostatis. Dari data hasil percobaan juga diperoleh fakta bahwa semakin dalam zat cair, semakin besar tekanan yang dihasilkan.
Dapat dituliskan hubungan antara tekanan hidrostatis terhadap kedalaman adalah berbanding lurus.
Ph  h

Rumus tekanan hidrostatis dapat dituliskan :


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Pa apa manfaat mempelajari materi tekanan hidrostatis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali manfaatnya dengan memahami konsep tekanan hidrostatis kita bisa mengaplikasikan untuk kehidupan nyata. Salah satu contohnya memahami fakta bahwa semakin dalam air memiliki tekanan yang besar aplikasi dalam membuat waduk/ bendungan pondasi dasar waduk/ bendungan dibuat lebih tebal, kuat dan kokoh.

      Hapus
  2. Bagian dasar bendungan? maksudnya bagaimana pa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya untuk mengantisipasi tekanan air di bagian dasar yang lebih dalam maka dalam membuat dinding bendungan bagian bawah harus lebih tebal, kokoh dan kuat.

      Hapus