Visi SMP
Negeri 2 Lohbener adalah sebagai berikut:
Terwujudnya lulusan peserta didik yang “ A M P U H “ (Agamis, Mandiri, Prestasi, Unggul dan
Harmonis).
Indikator visi:
a.
Melaksanakan kehidupan beragama seluruh warga sekolah.
b.
Melaksanakan pengelolaan sekolah berdasarkan
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) / otonom.
c.
Melaksanakan proses pembelajaran yang Aktif,
Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)
d.
Melaksanakan bimbingan untuk mempersiapkan siswa berprestasi di bidang akademik/ non akademik di tingkat Kabupaten.
e.
Melaksaksanakan
pengembangan sarana sekolah berbasis teknologi.
f.
Melaksanakan
budaya salam, sapa, senyum, sopan dan santun di lingkungan sekolah.
g.
Melaksanakan
budaya sekolah yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan untuk pembelajaran.
B. Misi SMP Negeri 2 Lohbener
Mewujudkan Visi tersebut SMP Negeri 2 Lohbener menjabarkannya menjadi beberapa misi sebagai berikut:
Visi Agamis diwujudkan dengan melaksanakan misi berikut:
1. Melaksanakan kesadaran kehidupan beragama seluruh warga sekolah;
2. Melaksanakan sikap toleransi sesama warga sekolah;
Visi Mandiri diwujudkan dengan melaksanakan misi:
1. Melaksanakan pengelolaan sekolah berdasarkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) / otonom;
2. Melaksanakan pengembangan dan diverifikasi kurikulum muatan local sesuai kebutuhan pemangku kepentingan;
Visi Prestasi diwujudkan dengan melaksanakan misi:
1. Melaksanakan proses pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM);
2. Melaksanakan bimbingan untuk mempersiapkan siswa berprestasi akademik dan non akademik di tingkat Kabupaten;
Visi Unggul diwujudkan dengan melaksanakan misi:
1. Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan berbasis teknologi;
2. Melaksanakan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan;
Mewujudkan visi Harmonis dilaksanakan dengan misi sebagai berikut:
1. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif sebagai tempat komunitas belajar;
2. Melaksanakan lingkungan sekolah sebagai Wiyatamandala;
C. Tujuan SMP Negeri 2 Lohbener
Pelaksanaan
Misi yang dilakukuan untuk mencapai tujuan sekolah. Tujuan SMP Negeri 2 Lohbener periode tahun 2020 – 2024 dirumuskan sebagai
berikut :
1. Terlaksananya kegiatan menumbuhkan
nilai-nilai Islami, ditandai dengan pelaksanaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, pembacaan ayat-ayat suci Al-quran selama
15 menit sebelum belajar,
membaca sholawat dan doa dhuha setelah sholat dhuha, membaca asma`ul husna
setelah sholat Dhuhur, budaya
salam, berjabat tangan, tutur
kata yang santun;
2.
Peserta didik mampu menghafal surat
pendek untuk kelas VII 11 surat, kelas VIII 20 Surat dan kelas IX 30 surat pada juz Amma;
3.
Menghargai kebebasan beragama dan perbedaan pendapat
bagi warga sekolah;
4.
Terlaksananya peringatan hari besar keagamaan Islam;
5.
Terlaksananya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). dan
berkelanjutan;
6.
Terlaksananya partisipasi masyarakat yang optimal dalam
pengembangan sekolah;
7.
Terlaksanannya kegiatan belajar mengajar mata pelajaran
Bahasa Indramayu;
8.
Peserta didik mampu menggunakan Bahasa Indramayu dengan
baik dan benar;
9.
Kehadiran pendidik dan tenaga pendidikan 90%;
10. Kehadiran
peserta didik 80%;
11. Peserta
didik lulus 100%;
12. Peserta
didik melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi (SMA/SMK/ MA/Paket C) 80%;
13. Memiliki
guru-guru yang dapat menggunakan berbagai variasi metode dan media pembelajaran,
penilaian yang bervariasi.
14. Terlaksananya
ekstrakurikuler Pramuka, PMR, Paskibra, dan Futsal;
15. Mengikuti
berbagai lomba akademik dan non akademik;
16. Menjuarai berbagai kompetisi non akademik di tingkat kabupaten minimal dua
kejuaraan;
17. Tersedia
sarana dan prasarana untuk pembelajaran berbasis teknologi informasi dan
komunikasi ditandai dengan wifi sekolah yang stabil, tersedianya LMS (Learning Management System);
18. Terlaksananya
pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi ditandai dengan kegiatan
belajar dan mengajar berbasis LMS (Learning
Management System);
19. Terlaksananya
pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi guru;
20. Terlaksananya
pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi tenaga
administrasi sekolah;
21. Terciptanya
hubungan yang baik antara peserta didik, guru, tenaga administrasi, kepala
sekolah, komite sekolah dan stakeholder lainnya;
22. Mengutamakan
musyawarah dalam menyelesaikan masalah;
23. Peserta
didik, guru, tenaga administrasi, kepala sekolah menaati tata tertib sekolah;
24. Terbentuknya
lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, dan indah sebagai sumber belajar;
Tujuan Jangka Pendek, Jangka Menengah dan
Jangka Panjang SMP Negeri 2 Lohbener lebih lanjut dirumuskan dalam program
Rencana Kegiatan Sekolah.
D. Sasaran SMP
Negeri 2 Lohbener
Sasaran yang
diharapkan dari tujuan sekolah yang sudah dirumuskan adalah sebagai berikut:
1. Peserta
didik, kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sekolah melaksanakan
sholat dhuha dan dhuhur berjamaah di sekolah;
2. Peserta
didik dan guru bersama-sama membaca ayat-ayat suci Al-quran selama 15 menit
sebelum belajar;
3. Peserta
didik dan guru bersama-sama membaca sholawat dan doa dhuha setelah sholat dhuha
berjamaah;
4. Peserta
didik dan guru bersama-sama membaca asma`ul husna setelah sholat dhuhur
berjamaah;
5. Salam,
sapa, senyum, perilaku sopan, berjabat tangan, tutur kata yang santun menjadi
budaya di sekolah;
6. Peserta
didik kelas VII dapat menghapal 11 surat pendek;
7. Peserta
didik kelas VIII dapat menghapal 20 surat pendek;
8. Peserta
didik kelas IX dapat menghapal 30 surat pendek;
9. Sekolah
menjamin kebebasan beragaman menurut keyakinan dan kepercayaan warga sekolah;
10. Warga
sekolah melaksanakan peringatan hari besar keagamaan;
11. Peserta
didik mengikuti lomba MTQ tingkat desa, kecamatan dan kabupaten;
12. Tercapainya
pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang memiliki ciri kemandirian,
keterbukaan, akuntabilitas, partisipasi stakeholder, fleksibilitas;
13. Tercapainya
pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang berkelanjutan;
14. Tercapainya
partisasi masyarakat yang optimal dalam bantuan ide dan gagasan untuk
pengembangan sekolah;
15. Tercapainya
partisasi masyarakat yang optimal dalam bantuan dana secara sukarela dan tidak
mengikat untuk pengembangan sekolah;
16. Tercapainya
target KBM mata pelajaran bahasa Indramayu sebagai muatan lokal pada struktur
kurikulum;
17. Peserta
didik dapat bertutur kata dengan bahasa Indramayu yang halus;
18. Peserta
didik mampu menciptakan wangsalan Bahasa Indramayu;
19. Peserta
didik mampu menyanyikan tembang berbahasa Indramayu;
20. Peserta
didik bangga dengan kesenian budaya sastra Indramayu;
21. Tercapainya
penggunaan daftar hadir bagi pendidik dan tenaga kependidikan dengan finger
print dan aplikasi android;
22. Tercapainya
kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan 90%;
23. Tercapainya
penggunaan daftar hadir berbasis qr code;
24. Tercapainya
kehadiran peserta didik di sekolah 80%;
25. Memberikan
sosialisasi dan bimbingan kepada peserta didik tentang syarat kelulusan;
26. Tercapainya
peserta didik lulus 100%;
27. Memberikan
kemudahan pada peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih
tinggi;
28. Peserta
didik melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi (SMA/SMK/ MA/Paket C) 80%;
29. Tercapainya
pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi guru tentang metode dan media
pembelajaran serta penilaian/asessment;
30. Tercapainya
pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka, PMR dan Paskibra;
31. Tercapainya
target pelaksanaan ekstrakurikuler Futsal;
32. Tercapainya
pelaksanaan lomba akademik dan non akademik;
33. Membuat
tim lomba kompetisi non akademik;
34. Memperoleh
juara kabupaten pada lomba kompetisi non akademik;
35. Sekolah
memiliki jaringan wifii yang stabil;
36. Sekolah
memiliki LMS (Learning Management System);
37. Guru
dapat menggunakan LMS (Learning
Management System) dalam proses pembelajaran;
38. Peserta
didik dapat mengakses LMS (Learning
Management System) dalam proses pembelajaran;
39. Tercapainya
pelaksanaan pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi
guru;
40. Guru
dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran;
41. Tercapainya
pelaksanaan pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi
tenaga administrasi sekolah;
42. Tenaga
administrasi sekolah dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam
proses ketatausahaan;
43. Tercapainya
hubungan yang baik antara peserta didik, guru, tenaga administrasi, kepala
sekolah, komite sekolah dan stakeholder lainnya;
44. Terlaksananya
rapat dinas sekurang-kurangnya sebulan sekali;
45. Terlibatnya
guru dan tenaga administrasi sekolah serta komite sekolah dalam penyusunan
program sekolah;
46. Tidak
ada pelanggaran sedang dan berat pada peserta didik;
47. Tidak
ada pelanggaran yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan;
48. Terlaksananya lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses pembelajaran;
49. Terlaksananya lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, dan indah sebagai sumber belajar;
0 Komentar