About Me

header ads

Visi Misi

VISI DAN MISI


Visi SMP Negeri 2 Lohbener adalah sebagai berikut:

Terwujudnya lulusan peserta didik yang “ A M P U H “ (Agamis, Mandiri, Prestasi, Unggul dan Harmonis).

Indikator visi:

a.         Melaksanakan kehidupan beragama seluruh warga sekolah.

b.        Melaksanakan pengelolaan sekolah berdasarkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) / otonom.

c.         Melaksanakan proses pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM)

d.        Melaksanakan bimbingan untuk mempersiapkan siswa berprestasi di bidang akademik/ non akademik di tingkat Kabupaten.

e.         Melaksaksanakan pengembangan sarana sekolah berbasis teknologi.

f.          Melaksanakan budaya salam, sapa, senyum, sopan dan santun di lingkungan sekolah.

g.        Melaksanakan budaya sekolah yang kondusif, aman, nyaman dan menyenangkan untuk pembelajaran.

B. Misi SMP Negeri 2 Lohbener

Mewujudkan Visi tersebut SMP Negeri 2 Lohbener menjabarkannya menjadi beberapa misi sebagai berikut:

Visi Agamis diwujudkan dengan melaksanakan misi berikut:

1.  Melaksanakan kesadaran kehidupan beragama seluruh warga sekolah;

2. Melaksanakan sikap toleransi sesama warga sekolah;

Visi Mandiri diwujudkan dengan melaksanakan misi:

1. Melaksanakan pengelolaan sekolah berdasarkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) / otonom;

2. Melaksanakan pengembangan dan diverifikasi kurikulum muatan local sesuai kebutuhan pemangku kepentingan;

Visi Prestasi diwujudkan dengan melaksanakan misi:

1. Melaksanakan proses pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM);

2. Melaksanakan bimbingan untuk mempersiapkan siswa berprestasi akademik dan non akademik di tingkat Kabupaten;

Visi Unggul diwujudkan dengan melaksanakan misi:

1. Melaksanakan pengembangan fasilitas pendidikan berbasis teknologi;

2. Melaksanakan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan;

Mewujudkan visi Harmonis dilaksanakan dengan misi sebagai berikut:

1. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif sebagai tempat komunitas belajar;

2.  Melaksanakan lingkungan sekolah sebagai Wiyatamandala;

C. Tujuan SMP Negeri 2 Lohbener

Pelaksanaan Misi yang dilakukuan untuk mencapai tujuan sekolah. Tujuan SMP Negeri 2 Lohbener periode tahun 2020 – 2024 dirumuskan sebagai berikut :

1.      Terlaksananya kegiatan menumbuhkan nilai-nilai Islami, ditandai dengan pelaksanaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, pembacaan ayat-ayat suci Al-quran selama 15 menit sebelum belajar, membaca sholawat dan doa dhuha setelah sholat dhuha, membaca asma`ul husna setelah sholat Dhuhur, budaya salam, berjabat tangan, tutur kata yang santun;

2.       Peserta didik mampu menghafal surat pendek untuk kelas VII 11 surat, kelas VIII 20 Surat dan kelas IX 30 surat pada juz Amma;

3.      Menghargai kebebasan beragama dan perbedaan pendapat bagi warga sekolah;

4.      Terlaksananya peringatan hari besar keagamaan Islam;

5.      Terlaksananya Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). dan berkelanjutan;

6.      Terlaksananya partisipasi masyarakat yang optimal dalam pengembangan sekolah;

7.      Terlaksanannya kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indramayu;

8.      Peserta didik mampu menggunakan Bahasa Indramayu dengan baik dan benar;

9.      Kehadiran pendidik dan tenaga pendidikan 90%;

10.  Kehadiran peserta didik 80%;

11.  Peserta didik lulus 100%;

12.  Peserta didik melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi (SMA/SMK/ MA/Paket C) 80%;

13.  Memiliki guru-guru yang dapat menggunakan berbagai variasi metode dan media pembelajaran, penilaian yang bervariasi.

14.  Terlaksananya ekstrakurikuler Pramuka, PMR, Paskibra, dan Futsal;

15.  Mengikuti berbagai lomba akademik dan non akademik;

16.  Menjuarai berbagai  kompetisi non akademik di tingkat kabupaten minimal dua kejuaraan;

17.  Tersedia sarana dan prasarana untuk pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi ditandai dengan wifi sekolah yang stabil, tersedianya LMS (Learning Management System);

18.  Terlaksananya pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi ditandai dengan kegiatan belajar dan mengajar berbasis LMS (Learning Management System);

19.  Terlaksananya pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi guru;

20.  Terlaksananya pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi tenaga administrasi sekolah;

21.  Terciptanya hubungan yang baik antara peserta didik, guru, tenaga administrasi, kepala sekolah, komite sekolah dan stakeholder lainnya;

22.  Mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah;

23.  Peserta didik, guru, tenaga administrasi, kepala sekolah menaati tata tertib sekolah;

24.  Terbentuknya lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, dan indah sebagai sumber belajar;

Tujuan Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang SMP Negeri 2 Lohbener lebih lanjut dirumuskan dalam program Rencana Kegiatan Sekolah.

D. Sasaran SMP Negeri 2 Lohbener

Sasaran yang diharapkan dari tujuan sekolah yang sudah dirumuskan adalah sebagai berikut:

1.      Peserta didik, kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi sekolah melaksanakan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah di sekolah;

2.      Peserta didik dan guru bersama-sama membaca ayat-ayat suci Al-quran selama 15 menit sebelum belajar;

3.      Peserta didik dan guru bersama-sama membaca sholawat dan doa dhuha setelah sholat dhuha berjamaah;

4.      Peserta didik dan guru bersama-sama membaca asma`ul husna setelah sholat dhuhur berjamaah;

5.      Salam, sapa, senyum, perilaku sopan, berjabat tangan, tutur kata yang santun menjadi budaya di sekolah;

6.      Peserta didik kelas VII dapat menghapal 11 surat pendek;

7.      Peserta didik kelas VIII dapat menghapal 20 surat pendek;

8.  Peserta didik kelas IX dapat menghapal 30 surat pendek;

9.  Sekolah menjamin kebebasan beragaman menurut keyakinan dan kepercayaan warga sekolah;

10.  Warga sekolah melaksanakan peringatan hari besar keagamaan;

11.  Peserta didik mengikuti lomba MTQ tingkat desa, kecamatan dan kabupaten;

12.  Tercapainya pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang memiliki ciri kemandirian, keterbukaan, akuntabilitas, partisipasi stakeholder, fleksibilitas;

13.  Tercapainya pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang berkelanjutan;

14.  Tercapainya partisasi masyarakat yang optimal dalam bantuan ide dan gagasan untuk pengembangan sekolah;

15.  Tercapainya partisasi masyarakat yang optimal dalam bantuan dana secara sukarela dan tidak mengikat untuk pengembangan sekolah;

16.  Tercapainya target KBM mata pelajaran bahasa Indramayu sebagai muatan lokal pada struktur kurikulum;

17.  Peserta didik dapat bertutur kata dengan bahasa Indramayu yang halus;

18.  Peserta didik mampu menciptakan wangsalan Bahasa Indramayu;

19.  Peserta didik mampu menyanyikan tembang berbahasa Indramayu;

20.  Peserta didik bangga dengan kesenian budaya sastra Indramayu;

21.  Tercapainya penggunaan daftar hadir bagi pendidik dan tenaga kependidikan dengan finger print dan aplikasi android;

22.  Tercapainya kehadiran pendidik dan tenaga kependidikan 90%;

23.  Tercapainya penggunaan daftar hadir berbasis qr code;

24.  Tercapainya kehadiran peserta didik di sekolah 80%;

25.  Memberikan sosialisasi dan bimbingan kepada peserta didik tentang syarat kelulusan;

26.  Tercapainya peserta didik lulus 100%;

27.  Memberikan kemudahan pada peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi;

28.  Peserta didik melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi (SMA/SMK/ MA/Paket C) 80%;

29.  Tercapainya pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi guru tentang metode dan media pembelajaran serta penilaian/asessment;

30.  Tercapainya pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka, PMR dan Paskibra;

31.  Tercapainya target pelaksanaan ekstrakurikuler Futsal;

32.  Tercapainya pelaksanaan lomba akademik dan non akademik;

33.  Membuat tim lomba kompetisi non akademik;

34.  Memperoleh juara kabupaten pada lomba kompetisi non akademik;

35.  Sekolah memiliki jaringan wifii yang stabil;

36.  Sekolah memiliki LMS (Learning Management System);

37.  Guru dapat menggunakan LMS (Learning Management System) dalam proses pembelajaran;

38.  Peserta didik dapat mengakses LMS (Learning Management System) dalam proses pembelajaran;

39.  Tercapainya pelaksanaan pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi guru;

40. Guru dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran;

41.  Tercapainya pelaksanaan pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi bagi tenaga administrasi sekolah;

42.  Tenaga administrasi sekolah dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses ketatausahaan;

43.  Tercapainya hubungan yang baik antara peserta didik, guru, tenaga administrasi, kepala sekolah, komite sekolah dan stakeholder lainnya;

44.  Terlaksananya rapat dinas sekurang-kurangnya sebulan sekali;

45. Terlibatnya guru dan tenaga administrasi sekolah serta komite sekolah dalam penyusunan program sekolah;

46.  Tidak ada pelanggaran sedang dan berat pada peserta didik;

47.  Tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh pendidik dan tenaga kependidikan;

48.  Terlaksananya lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses pembelajaran;

49. Terlaksananya lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih, dan indah sebagai sumber belajar;

Posting Komentar

0 Komentar