About Me

header ads

Matematika Manfaat Betul (Perbandingan)




Siswa-siswi hebat hari ini selasa, 14 April 2020 kita lanjutkan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Jangan lupa mulai pukul 10.30 s.d selesai kita belajar bersama menggunakan siaran TVRI di rumah masing-masing atau bisa menggunakan Live Streaming TVRI, boleh ajak Ayah, Ibu atau kakak kalian untuk mendampingi belajar di  rumah ya. Ayo siapkan alat tulis yang diperlukan. Kalian akan menjawab pertanyaan yang diberikan. Nanti kerjakan PR yang diberikan dengan bimbingan guru atau orang tua di rumah.

1. Perbandingan
Diceritakan beberapa siswa yang ditugasi oleh guru untuk membuat perbandingan hasil survei. Diperoleh data dari 540 orang yang disurvei, 324 orang lebih suka membaca pengumuman lewat broadcast WhatsApp dan sisanya 216 orang suka membaca pengumuman lewat mading.

Siswa-siswi yang hebat, dari kasus cerita di atas, beberapa siswa ditugasi oleh gurunya untuk membuat perbandingan data hasil survei yang diperolehnya. Dari perbandingan kita bisa mengetahui mana yang lebih banyak menggunakan Whats App atau mana yang lebih banyak membaca pengumuman di mading, dan ternyata itu membawa kita kepada sesuatu konsep matematika yang kita sebut dengan perbandingan /rasio.

Apa itu perbandingan atau rasio?

Perbandingan atau rasio digunakan untuk membandingkan besaran suatu benda dengan benda lainnya, besaran benda ini banyak bisa dari ukurannya, bisa berupa panjang, kecepatan, massa, waktu atau banyak bendanya dan banyak hal cara untuk menyatakan  tentang besaran-besaran tentang suatu benda.

Cara menyatakan rasio atau perbandingan ini ada 3 cara.
1. Bentuk Pecahan
Cara yang pertama itu adalah dengan bentuk pecahan misalnya 2/3 , pecahan 3/4 atau 5/8 dan seterusnya.
2. Dua bilangan dipisahkan oleh titik dua (:)
Cara kedua bisa dinyatakan dengan dua bilangan yang dipisahkan oleh : (titik dua). Kita lihat ada 2/3 tadi bisa kita tulis menjadi 2 banding 3, kita tulis 2 : 3,  kemudian 5 : 6, 5 banding 6 dan seterusnya.
3. Dua bilangan yang dipisahkan oleh kata dari.
Cara yang ketiga bisa dinyatakan dengan dua bilangan yang dipisahkan oleh kata dari. Misalnya 2/3 bisa disebut dengan 2 dari 3 atau biasa lihat iklan iklannya misalnya ternyata 9 dari 10 wanita menggunakan shampo ini gitu gitu.

Nah itu itu adalah kalimat-kalimat tentang perbandingan. Siswa-siswi hebat, sekarang mari kita lihat teman-teman yang tadi yang sudah mensurvei:

Survei 540 siswa
berapa banyak yang membaca berita dari mading?
dan berapa banyak yang lebih suka dari broadcast message?

Diperoleh data:
324 siswa memilih lebih suka membaca dari broadcast message
216 siswa memilih lebih suka membaca dari mading

Berapa perbandingannya?

Jika bilangan-bilangan ini langsung diberikan nilainya terlalu besar, jadi bisa disederhanakan dalam bentuk perbandingan atau rasio.
Caranya

Diketahui 540 siswa yang disurvei, 324 memilih broadcast message dan 216 memilih mading, maka perbandingannya adalah  jumlah siswa yang memilih broadcast dibanding dengan jumlah siswa yang memilih yang mengikuti survei maka dapatlah 324 dibagi 540 = 3 per 5 atau rasio 3 dari 5 siswa menyatakan bahwa 3 dari setiap 5 siswa yang mengikuti survei itu memilih untuk membaca berita dari broadcast message .

Perbandingan banyaknya siswa yang memilih maling terhadap jumlah siswa yang mengikuti survei langsung adalah:
sumber: tvedukasi https://www.youtube.com/watch?v=XLjuybLmzr0&feature=youtu.be

jumlah siswa yang memilih mading per banyaknya siswa yang mengikuti survei
sehingga diperoleh  216 / 540 = 2 /5 dan rasio 2 dari 5. ini dibaca nya adalah 2 dari setiap 5 siswa yang mengikuti survei itu memilih untuk membaca berita melalui mading.
Perbandingan banyaknya siswa yang memilih broadcast WhatsApp terhadap mading-mading yaitu terhadap mading yaitu 324 dibagi dengan 216 = 3 per 2 maka perbandingannya adalah 3 banding 2

Jadi ternyata belajar perbandingan ini dapat memudahkan kita dalam menggambarkan sesuatu  keadaan, dengan perbandingan kita bisa sederhanakan dengan menampilkan data berupa rasio atau perbandingan. Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa melihat jarak antar kota kemudian pembuatan peta kemudian melihat miniatur barang modeling dan segala macamnya itu semuanya dengan konsep perbandingan. Oleh karena itu jangan pernah lelah untuk belajar matematika cara matematika akan selalu membuat kita menjadi lebih mantap.

Sumber materi dinarasikan dari https://www.youtube.com/watch?v=XLjuybLmzr0&feature=youtu.be dan ditulis ulang menggunakan aplikasi voice Note II/ Speech to text V2.6.2



2. Perbandingan Senilai



3. Perbandingan Berbalik Nilai


4. Peta dan Skala


Pertanyaan (Tulislah jawaban pertanyaan ini dikertas selembar kemudian difoto dan kirim foto jawaban WA Grup Kelas masing-masing)
1. Bentuk sederhana dari 20 : 50.000?
2. Sebuah mobil memerlukan 6 liter bensin untuk menempuh jarak 48 km. Jika mobil itu ingin menempuh jarak 240 km, maka bensin yang diperlukan adalah ... .
3. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan selama 36 hari dengan 15 orang pekerja. Jika pekerjaan itu harus selesai dalam waktu 27 hari, berapa pekerja yang harus ditambahkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut!
4. Sebuah peta memiliki skala 1 : 4.500.000. Jarak kota A dan B pada peta adalah 60 cm. Jarak sebenarnya antara kota A dan B adalah ... .

Nanti jawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diberikan sebagai PR hari ini dengan bimbingan guru dan orang tua.
Sekarang, tetap belajar dari rumah, rajin cuci tangan, dan jaga kesehatan agar kita mencegah penyebaran Covid-19. Jangan lupa selalu berdo kepada Tuhan YME agar senantiasa mendapat melindungi kita dari penyakit dan segala keburukan. Amiin.


Posting Komentar

0 Komentar