About Me

header ads

AYAM BETUTU MAKANAN DAERAH BALI



Bagi peserta didik khusunya yang tengah duduk di SMP sederajat, mari belajar dan menyaksikan tayangan di TVRI Jumat (17/4/2020). Materi yang akan ditayangkan untuk peserta didik SMP sederajat adalah Tradisi Asli Nusantara



Siswa-siswi hebat hari ini jumat, 17 April 2020 kita lanjutkan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Jangan lupa mulai pukul 10.00 s.d selesai kita belajar bersama menggunakan siaran TVRI di rumah masing-masing atau bisa menggunakan Live Streaming TVRI, boleh ajak Ayah, Ibu atau kakak kalian untuk mendampingi belajar di  rumah ya. Ayo siapkan alat tulis yang diperlukan. Kalian akan menjawab pertanyaan yang diberikan. Nanti kerjakan PR yang diberikan dengan bimbingan guru atau orang tua di rumah. Materi yang akan ditayangkan yaitu dengan judul Ayam Betutu Makanan Daerah Bali yang Dibahas Pada Materi Belajar Bersama di TVRI.

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu.
Selanjutnya ayam atau bebek tersebut dipanggang dalam api sekam. Betutu merupakan jenis makanan tradisional yang berasal dari Pulau Dewata atau Pulau Bali. Makanan berbahan ayam yang dipanggang secara utuh ini dikenal diseluruh penjuru Bali. Kata betutu berasal dari kata tunu, berarti bakar dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging. Betutu dapat disimpulkan adalaj daging yang dibakar.

Ayam betutu merupakan jenis lauk pauk yang dibuat dari daging ayam yang telah dibersihkan kemudian dibalurkan bumbu khas Bali pada seluruh permukaannya. Daging ayam yang telah dibumbui tersebut kemudian direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Aroma khas yang muncul disebabkan karena adanya pemanasan yang menyebabkan air dan lemak daging ikut menguap.

Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya. Menurut tradisi Baliayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan.








Pertanyaan (Tulislah jawaban pertanyaan ini dikertas selembar kemudian difoto dan kirim foto jawaban WA Grup Kelas masing-masing)

1. Praktikkan cara memperkenalkan kuliner nusantara kepada orang asing sehingga ia  berkenan mencoba kuliner nusantara!

2. Adakah kuliner nusantara yang pernah kamu cicipi? berikan pendapatmu tentang kuliner  nusantara tersebut dan bagaimana kuliner nusantara tersebut dapat bertahan di era milenial seperti sekarang.

Nanti jawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah diberikan sebagai PR hari ini dengan bimbingan guru dan orang tua.
Sekarang, tetap belajar dari rumah, rajin cuci tangan, dan jaga kesehatan agar kita mencegah penyebaran Covid-19. Jangan lupa selalu berdo kepada Tuhan YME agar senantiasa mendapat melindungi kita dari penyakit dan segala keburukan. Amiin.


Posting Komentar

0 Komentar