NEDULOH siap-siap “mletik” 
(Bagian 1)

SMP Negeri 2 Lohbener (NEDULOH) berani berubah menjadi lebih baik. Salah satu lembaga yang melaksanakan fungsi Wiyata Mandala dan terletak di ujung paling barat wilayah Kecamatan Lohbener. Bukan terlalu berlebihan jika seluruh warga NEDULOH berharap bahwa ke depan SMPN  2 Lohbener akan menjadi salah satu sekolah yang harus diperhitungkan karena bisa mletik (melek TIK). Hal ini bisa dibuktikan karena mulai tahun 2017 sudah berani melaksanakan UNBK. Bahkan 2 tahun terakhir sudah melaksanakan UNBK mandiri. Ini fakta bahwa neduloh berani dan mampu menjawab tantangan Dinas Pendidikan untuk melaksanakan UNBK. 

Bukan merupakan hal yang mudah untuk bisa melaksanakan UNBK mandiri. Butuh perjuangan, dedikasi, loyalitas, pemikirian yang kritis, inovasi, skill komunikasi, serta kolaborasi semua komunitas neduloh untuk bisa mewujudkan program tersebut. Jadi bukan merupakan propaganda yang semu bahwa neduloh siap-siap "mletik". Dalam bahasa Jawa istilah mletik dianalogikan dengan sumber api kecil tapi bisa menyalakan api yang besar. Meskipun kecil tapi bisa menyalakan api dan bisa bersinar terang menjadi sumber cahaya yang dibutuhkan untuk menerangi kegelapan.

Seluruh warga komunitas NEDULOH senantiasa mendukung program penguatan pendidikan karakter di sekolah, setiap pagi hari melatih karakter religiusitas dengan sholat dhuha, bersholawat, sholat dhuhur berjamaah dan membaca asmaulhusna. Meskipun dengan sumber air yang terbatas setiap Pendidik & Tenaga Administrasi Sekolah bahu membahu membimbing putra putri didiknya untuk bisa melaksanakan kegiatan rutinitas di mushollah. Semoga ke depan NEDULOH bisa bersinar dan mampu menerangi dunia pendidikan di muka bumi Indonesia tercinta ini amin.

Ide dan gagasan Bu Misriyah, M.Pd. untuk menerapkan pendidikan karakter di sekolah telah membekali seluruh warga sekolah untuk berani berubah menjadi lebih baik. Terima kasih kepada Bu Misriyah, M.Pd. atas jasa-jasa beliau dalam membangun sekolah. Semoga ide dan gagasannya bisa terus membangun NEDULOH menjadi lebih baik amin.



Video Acara Serah Terima Jabatan & Jumpa Pisah Kepala Sekolah SMPN 2 Lohbener

Senin 12 Agustus 2019 pukul 10.25 WIB, SMP Negeri 2 Lohbener menyelenggarakan kegiatan Sertijab (serah terima Jabatan) sekaligus acara jumpa pisah antara Kepala sekolah periode sebelumnya dengan kepala sekolah yang baru. Acara diselenggarakan dengan antusias oleh seluruh komunitas warga SMPN 2 Lohbener (NEDULOH), berkolaborasi antara seluruh siswa dari kelas VII, VIII, IX beserta seluruh pendidik, tenaga administrasi dan komite sekolah.

Rombongan tamu dari SMPN 3 Sliyeg yang mengantar Bapak H. Samsari, M.Pd. ke tempat tugas yang baru disambut oleh regu paskibra NEDULOH, diberikan penghormatan, tepuk PPK, salam PPK dan yel-yel motivasi seluruh warga komunitas neduloh dengan penuh semangat. Ibu Misriyah, M.Pd. selaku kepala sekolah periode sebelumnya menyambut kepala sekolah baru dengan mengalungkan selendang kain batik khas paoman untuk menjunjung kearifan produk lokal daerah Indramanyu.

Langkah awal kepala sekolah baru memasuki gerbang NEDULOH diiringi dengan bacaan sholawat yang dilantunkan seluruh putra putri neduloh sambil mengibarkan bendera merah putih dengan syahdu dan semangat. Alunan sholawat menyertai langkah kepala sekolah baru memasuki halaman neduloh. Wujud nyata yang menunjukkan warga neduloh sudah mengamalkan sebagian nilai karakter Religius dan Nasionalisme.

Prosesi acara sertijab dipandu oleh 2 pembawa acara dari siswi NEDULOH, ananda Muthia Anung dan Shofi Rahmawati memandu susunan acara dengan penuh rasa tanggung jawab. Acara diawali dengan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Lantunan pembacaan kalam wahyu ilahi, sebagai qoriah dibacakan oleh Ananda Faysha dan Marfuah selaku saritilawah. Surat yang dibacakan  surat Lukman ayat 1 – 9. Kita dilatih untuk berliterasi memahami bahwa Alqur`an mengandung hikmah, menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan. Kita juga diingatkan bahwa diantara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna dan menyesatkan, memperolok-olok akan diberikan adzab yang sangat pedih oleh Allah SWT.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" oleh seluruh hadirin yang hadir. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat memupuk semangat jiwa nasionalisme yang sering dilakukan di neduloh pada saat berbaris di depan kelas sebelum memasuki ruang belajar. Kegiatan penguatan pendidikan karakter selalu dilakukan di neduloh, karakter kebersihan, sholat dhuha, Dalam sambutan Ibu Misriyah, M.Pd. menjelaskan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter siswa yang sudah dilakukan di NEDULOH, jasa-jasa beliau selama memimpin neduloh selama 2 tahun 9 bulan. Pernah menjadi peserta terbaik pelatihan PPK, Lomba sekolah sehat dan mampu menyelenggarakan UNBK mulai tahun 2017 di SMKN 1 Losarang, 2018 dan 2019 UNBK secara mandiri di SMPN 2 Lohbener. Ibu Misriyah, M.Pd. menyambut kedatangan Bapak H. Samsari, M.Pd. dengan harapan mampu membangun SMPN 2 Lohbener menjadi lebih baik lagi.

Acara diselingi dengan hiburan kreativitas siswa yang menyuguhkan tari topeng sebagai salah satu budaya kearifan lokal masyarakat Indramayu. Tari topeng diperagakan dengan sangat baik oleh putra NEDULOH kelas IX yang diperankan oleh Kindari. Kreativitas seni vokal juga dibawakan oleh ananda Monica dengan sangat merdu. Banyak bakat seni yang dimiliki oleh putra putri NEDULOH yang bisa dikembangkan di NEDULOH. Hadirin dan tamu undangan menyimak sajian tari dan seni vokal sambil menikmati hidangan yang sudah disediakan.

Sambutan berikutnya adalah dari kepala sekolah baru. Bapak H. Samsari, M.Pd. berterima kasih kepada seluruh warga SMPN 2 Lohbener dan anak-anak neduloh yang sudah menyambut kedatangan kepala sekolah yang baru dengan luar biasa. Beliau berpesan bahwa tidak ada yang tidak mungkin, impossible menjadi possible yang penting kita usaha, usaha sekuat mungkin, usaha seoptimal mungkin, kita sama-sama usaha hasil kita serahkan kepada Allah SWT.

Serah terima jabatan dari kepala sekolah lama ke yang baru dilakukan secara simbolis dan disaksikan oleh seluruh hadirin yang hadir. Prosesi serah terima dan jumpa pisah diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Topik. Semoga Ibu Misriyah, M.Pd. dan Bapak H. Samsari, M.Pd. senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas di tempat yang baru, dan semoga selalu dimudahkan dan dilancarkan segala urusannya untuk membangun sekolah yang dipimpin amin.

Acara prosesi serah terima jabatan dan jumpa pisah diakhiri dengan ramah tamah, seluruh hadirin bersalaman dengan kedua kepala sekolah secara bergantian. Ucapan terima kasih dari seluruh warga NEDULOH atas jasa-jasa Ibu Misriyah, M.Pd. yang sudah mendedikasikan pikiran, waktu, tenaga dan sebagainya untuk membangun SMPN 2 Lohbener. Permohonan maaf seluruh warga NEDULOH barangkali ada sikap, ucapan dan perbuatan yang kurang berkenan bagi Ibu Misriyah, M.Pd. Terima kasih Ibu semoga bisa mengukir prestasi di tempat tugas yang baru Amin.

(bersambung)